Manfaat dan khasiat mengkonsumsi daun Afrika untuk kesehatan

Manfaat daun afrika untuk kesehatan. Daun afrika mungkin masih ada yang belum banyak mendengar dan bahkan melihatnya secara langsung. Dilihat dari asalnya memang daun ini benar-benar berasal dari Afrika, tetapi di Indonesia cukup banyak banyak yang sudah menanamnya. Karena untuk tanaman yang satu ini cukup mudah menanamnya dan bisa dibilang mudah tumbuh.

manfaat daun afrika dan cara minumnya
pohon daun afrika

Banyak para ahli herbal yang menggunakan daun afrika sebagai media pengobatan alternatif yang bisa untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit yang sifatnya ringan hingga berat. Hal ini karena sudah ada penelitian yang menyatakan banyak kandungan yang ada di dalam daun tersebut yang bermanfaat untuk kesehatan, terutama untuk pengobatan penyakit.

Kandungan yang terdapat pada daun afrika

Kandungan daun afrika :

* Asam fenolat

* Vernodalol

* Vernolide

* Asam essensial

* Asam lemak

* Beberapa vitamin

* Mineral, Dan masih banyak lagi

Dengan beberapa kandungan seperti di atas, maka banyak pakar herbal yang akhirnya menjadikan daun afrika sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Karena daun ini juga bisa berfungsi sebagai antioksidan, anti inflamasi, anti kolesterol, dan lain-lain. Dan untuk mengolahnya juga hampir sama seperti dengan daun-daun lainnya, seperti direbus.

Manfaat dan khasiat daun afrika

Beberapa manfaat dan khasiat daun afrika untuk kesehatan. 

1. Mengobati demam

Seperti gejala flu juga bisa mengakibatkan demam dan suhu tubuh menjadi panas. Kamu bisa mengkonsumsi air rebusan atau seduhan daun afrika ketika masih hangat untuk meredaan demam. Akan lebih baik ketika malam hari menjelang tidur, agar di pagi harinya badan kamu kembali fit.

2. Mengobati perut kembung

Perut kembung bisa disebabkan karena masuk angin, dan rasa tidak nyaman yang ada di dalam perut bisa kamu sembuhkan dengan meminum air rebusan atau seduhan daun afrika ketika masih hangat. Bisa juga kamu campur dengan gula batu agar rasa pahitnya sedikit hilang atau bisa juga dengan madu murni.

3. Mengobati batuk

Mulai dari batuk yang bersifat kering hingga batuk berdahak bisa kamu obati dengan menggunakan air rebusan atau seduhan daun afrika. Kamu juga bisa menambahkan madu murni atau perasan jeruk nipis agar rasa sakit karena batuk bisa lebih cepat hilang dan batuk sendiri juga akan cepat mereda.

daun afrika untuk asam urat


4. Mengobati sakit kepala

Jika kamu mengalami sakit kepala atau pusing kamu bisa mencoba pengobatan alternatif seperti meminum sari dari daun afrika. Akan tetapi jika kamu tidak terlalu suka rasa pahit yang ditimbulkan daun tersebut bisa menambahkan gula batu atau madu murni untuk menghilangkan rasa pahitnya.

5. Menghilangkan rasa kesemutan

Kesemutan yang biasanya terjadi di kaki atau tangan dikarenakan adanya penyumbatan pada aliran darah. Akan tetapi bisa juga sebagai gejala asam urat dan hal ini bisa kamu cegah dengan meminum air rebusan atau seduhan daun afrika secara teratur sesuai dengan takaran yang tepat.

6. Mengobati sembelit

Masalah pencernaan seperti konstipasi atau sembelit akan membuat tidak nyaman. Dan sebaiknya kamu meminum air rebusan atau seduhan dari daun afrika ketika malam hari menjelang tidur. Yang diharapkan ketika di pagi hari akan melancarkan BAB.

7. Menurunkan kolesterol

Kolesterol yang cukup tinggi yang ada di dalam tubuh maka akan sangat berahaya untuk kesehatan. Dan akan semakin banyak penyakit yang timbul, misalnya seperti stroke atau serangan jantung. Kamu bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan mengkonsumsi daun afrika dengan cara direbus atau diseduh.

8. Menurunkan hipertensi

Tekanan darah tinggi juga bisa berakibat fatal, misalnya seperti stroke atau bahkan bisa menyebabkan kematian. Dengan mengkonsumsi daun afrika secara teratur maka akan menurunkan tekanan darah. Dan kamu juga bisa mencampurnya menggunakan madu murni, gula batu, atau menambahkan jeruk agar semakin enak untuk dikonsumsi.

9. Mengobati malaria

Banyak orang Afrika yang memanfaatkan daun afrika ini untuk menyembuhkan malaria dan bagi mereka daun ini bisa dijadikan sebagai jamu untuk pencegahan. Dan kita juga bisa memanfaatkannya degan cara merebus atau menyeduhnya untuk mengobati penyakit malaria.

10. Mengobati insomnia

Jika kamu kesulitan untuk tidur pada malam hari, kamu bisa mencoba meminum air rebusan atau air seduhan daun afrika sebagai ganti minuman teh atau kopi. Karena efek dari daun ini sangat menenangkan dan membuat kamu lebih rileks yang akhirnya akan membuat kamu lebihc epat terlelap.

11. Melawan virus HIV

Meskipun hingga saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan penyakit seperti HIV atau AIDS. Tapi daun afrika ini akan membangun sistem imun di dalam tubuh agar virus HIV tidak semakin menyebar dengan cepat, setidaknya akan menghambat virus tersebut berkembang.

12. Mengobati sakit tenggorokan

Tidak jarang penyakit seperti flu dan juga demam akan disertai rasa sakit pada tenggorokan atau radang tenggorokan. Dengan mengkonsumsi secara teratur setidaknya sekali dalam sehari maka akan meredakan rasa sakit yang ada di tenggorokan.

13. Sebagai detoksifikasi

Manfaat dari daun afrika untuk kesehatan adalah sebagai detoksifikasi alami. Dengan mengkonsumsinya maka akan mengurangi racun yang ada di dalam tubuh. Dengan secara teratur meminumnya maka racn akan keluar dari tubuh melalui keringan dan juga ketika buang air. Hal ini dapat mencegah timbulnya berbagai macam penyakit.

14. Menyembuhkan infeksi

Jika salah satu oran tubuh kamu mengalami infeksi mulai dari mulut atau tenggorokan bahkan lambung bisa kamu obati dengan mengkonsumsi daun afrika. Daun ini juga akan berfungsi untuk meredakan peradangan yang disebabkan oleh infeksi pada organ dalam.

15. Menyehatkan paru-paru

Rasa sakit yang ada di paru-paru akan menimbulkan tidak lancarnya sistem pernafasan. Hal ini bisa diakibatkan karena pola hidup yang tidak sehat misalnya seperti merokok dan lain-lain. Dengan mengkonsumsi daun afrika secara rutin maka akan membantu melancarkan sistem pernafasan dan juga akan lebih menyahatkan paru-paru.

16. Melancarkan BAB

Tidak lancarnya BAB bisa disebabkan oleh banyak hal, apakah adanya infeksi pada lambung atau pada bagian usus. Dengan meminum air rebusan atau seduhan dari daun afrika maka akan membantu memperlancar BAB. Dan sebaiknya ketika malam hari menjelang tidur untuk meminumnya agar menjadi siklus teratur ketika pagi harinya.

17. Mengobati diabetes

Kadar gula darah yang terlalu tinggi akan mengganggu kesehatan kamu. Dengan mengkonsumsi secara rutin daun afrika maka akan menurunkan gula darah. Akan tetapi untuk campurannya hindari menggunakan bahan alami yang memiliki rasa manis. Atau bisa juga kamu campur dengan bahan alami lainnya untuk lebih menunjang proses penyembuhan.

18. Mencegah stroke

Salah satu penyebab timbulnya penyakit yang satu ini adalah tekanan darah yang terlalu tinggi dan juga kadar kolesterol dalam darah yang juga tinggi. Manfaat dari daun afrika memang sangat ampuh untuk menurunkan tekanan darah dan juga kolesterol dalam darah. Jadi dengan mengkonsumsinya sekali sehari saja akan menghindari penyakit stroke.

19. Mengobati rematik

Terjadinya radang persendian memang akan menimbulkan rasa nyeri atau bahkan pembengkakan. Dan penyakit ini banyak sekali diderita oleh orang dewasa atau yang sudah berumur. Jadi sebaiknya mengkonsumsi daun afrika untuk mencegah terjadinya rasa sakit pada persendian.

20. Menyehatkan jantung

Efek dari daun afrika adalah untuk memperlancar peredaran darah dan juga akan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dan dua hal tersebut yang bisa menyebabkan jantung kamu tidak sehat. Dengan mengkonsumsi daun afrika secara rutin maka akan mengembalikan kesehatan jantung kamu.

21. Mengobati kanker hati

Setidaknya mengkonsumsi secara teratur sesuai dengan anjuran pakar herbal untuk mencegah timbulnya penyakit kanker hati. Penyakit yang satu ini bisa diseabkan oleh berbagai hal misalnya terlalu banyak racun yang mengendap di dalam hati dan juga efek dari radikal bebas.

22. Anti radikal bebas

Radikal bebas imbasnya sangatlah banyak dan yang pasti membahayakan kesehatan tubuh. Misalnya seperti kesehatan kulit dan juga oran yang ada di dalam tubuh. Jadi degan meminum air rebusan daun afrika secara teratur maka akan membentengi tubuh kamu dari radikal bebas.

23. Mencegah kanker

Salah satu penyebab kanker adalah radikal bebas, dengan meminum air rebusan atau seduhan daun afrika maka akan menangkal radikal bebas. Dan akhirnya akan tetap menjaga kesehatan tubuh kamu kamu serangan penyakit kanker.

24. Melancarkan buang air kecil

Manfaat dari daun afrika lainnya adalah akan membantu melancarkan buang air kecil. Tidak lancarnya buang air kecil bisa disbeabkan banyak hal, seperti gangguan pada kandung kemih bisa juga gangguan diuretic. Setidaknya sekali dalam sehari atau ketika malam hari untuk membantu melancarkan buang air kecil.

25. Meningkatkan sistem imun

Manfaat dari daun afrika juga akan meningkatkan sistem imun di dalam tubuh, jadi kamu tidak rentan terhadap serangan penyakit. Akan tetapi obat herbal ini hanya bagi mereka yang tawar terhadap rasa pahit yang ditimbulkan dari daunnya.

26. Memberikan efek rileksasi

Kandungan yang ada di dalam daun afrika memberikan efek relaksasi. Jadi ketika kamu mengalami stres karena pekerjaan atau masalah lainnya, kamu bisa mencoba untuk mengganti minum teh kamu degan air seduhan daun ini.

27. Mengobati jerawat

Tidak hanya untuk menyembuhkan penyakit dalam saja, akan tetapi daun afrika ini juga bisa kamu gunakan untuk perawatan kecantikan. Misalnya seperti menghilangkan jerawat di wajah, caranya hanya menumbuk daunnya hingga lembut lalu gunakan untuk masker wajah. Setidaknya 3 kali dalam seminggu untuk mengobati jerawat yang disertai dengan peradangan.

28. Menurunkan berat badan

Kandungan yang ada di dalam daun afrika bisa membantu menghancurkan lemak di dalam tubuh. Jadi konsumsilah sari dari daun tersebut untuk membantu program diet kamu. Dan akan lebih manjur lagi jika kamu imbangi degan pola makan yang lebih sehat.

Daun afrika ternyata memberikan cukup banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan juga menjaga tubuh kamu akan selalu sehat. Meskipun tetap ada efek sampingnya bagi orang yang sangat jarang mengkonsumsi obat herbal dan itupun masih tergolong ringan efek sampingnya jika dibandingkan dengan obat-obat generik.

Cara mengolah daun afrika

Cara membuat obat herbal dari daun afrika ;

1. Ambil 3 hingga beberapa lembar daun afrika yang masih segar dan cuci daun tersebut hingga benar-benar bersih

2. Kemudian siapkan 3 hingga 5 gelas air bersih dan masukkan ke dalam panci pemanas

Masukkan juga daun yang sudah kamu bersihkan

3. Selanjutnya kamu rebus air di dalam panci hingga benar-benar mendidih dan hanya menyisakan 1 gelas air saja

4. Kemudian tuangkan ke dalam gelas dan diamkan agar lebih hangat

5. Kamu bisa mencampurnya dengan bahan alami lainnya misalnya seperti madu murni agar semakin enak dikonsumsi, karena rasa daun ini cukup pahit

Aturan minum daun afrika setidaknya sekali setiap harinya, atau lebih baiknya kamu konsultasi dulu sama pakar heral seberapa banyak yang diperbolehkan untuk diminum setiap harinya

Cara meminum daun afrika

Cara menyeduh daun afrika ;

1. Ambil beberapa lembar daun afrika yang masih segar dan masih muda

2. Kemudian kamu cuci daun tersebut hingga benar-benar bersih

3. Lalu kamu bisa mengirisnya tipis-tipis dan masukkan ke dalam gelas

4. Selanjutnya masukkan air yang benar-benar panas ke dalam gelas yang sudah berisi daun afrika

5. Lalu diamkan hingga air berubah warna dan juga menjadi hangat

6. Kemudian saring dan buang daunnya

Kamu bisa memberikan campuran seperti madu agar rasa pahit yang dihasilkan dari daun sedikit berkurang


DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://www.tribundesa.com/. Terima kasih.
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

More posts

Comments

Post a Comment