Para Petani Di Desa Terpencil Banting Setir Jadi Youtuber, Pendapatan Mereka Naik 3 Kali Lipat

Sebuah desa kecil bernama Tulsi yang berada di Negara Bagian Chhattisgarh, India disebut sebagai Desa YouTube.

Hal itu dikarenakan mayoritas penduduk desa Tulsi mencari nafkah dengan menjadi Content Creator.

Dari sekitar 3.000 penduduk desa tersebut, sepertiganya aktif membuat video dan mengunggahnya di akun YouTube.

petani di india jadi youtuber

Seperti dilansir Oddity Central, Sabtu (1/10/2022), Warga desa Tulsi dulunya bekerja sebagai petani namun sekarang mereka mendapatkan penghasilan dari YouTube.

Suatu ketika, para petani ini mendengar bahwa beberapa teman mereka yang membuat video dan mengunggahnya di Youtube mendapatkan penghasilan lebih besar, bahkan tiga kali lipat dari pendapatan mereka.

Akhirnya, mereka banting setir dan meninggalkan pekerjaannya sebagai petani untuk ikut menjadi content creator. 

Kisah Tulsi menjadi Desa YouTube India dimulai dari sepasang sahabat, masing-masing bernama Gyanendra Shukla dan Jai Verma. 

Shukla awalnya bekerja sebagai Network Engineer sedangkan Verma bekerja sebagai guru.

Keduanya memutuskan untuk keluar dari pekerjaan dan beralih menjadi pembuat konten video. 

Tak lama kemudian, keduanya mulai mendapatkan cukup banyak uang dari pekerjaan baru mereka, dan kabar keberhasilan mereka menyebar ke seluruh desa.

Kabar tersebut menginspirasi orang lain untuk mengikuti jejak Shukla dan Verma. 

“Saya bekerja di SBI sebelumnya, sebagai network engineer. Kantor saya memiliki internet berkecepatan tinggi dan saya biasa menonton video YouTube di sana,” kata Shukla kepada kantor berita ANI.

“Saya suka film. Pada 2011-2012, versi baru YouTube diluncurkan. Saat itu, hanya sangat sedikit saluran di YouTube. Saya tidak puas dengan pekerjaan saya. Jadi saya meninggalkan pekerjaan dan mulai dengan YouTube,” sambung Shukla. 

Kini, sekitar sepertiga dari penduduk desa menjadi content creator. Dan platform untuk mereka berkarya tidak hanya di YouTube, melainkan juga di TikTok atau Instagram. 

Content creator termuda di Desa Tulsi berusia 15 tahun sedangkan yang paling tua adalah wanita lanjut usia (lansia) berumur 85 tahun.

Sudah ada 40 atau lebih saluran yang berbasis di Desa Tulsi. Tema yang diangkat saluran-saluran tersebut sangat beragam dari komedi, musik, hingga pendidikan.

Salah satu kanal paling populer dari Desa Tulis memiliki lebih dari 100.000 pelanggan di YouTube.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kisah Kampung Terpencil Dijuluki Desa YouTube, Mayoritas Penduduknya Content Creator"


DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://www.tribundesa.com/. Terima kasih.
Older Posts Older Posts

More posts

Comments

Post a Comment